Aplikasi Pembayaran Tercepat di Indonesia Emang Ada ?

[Studi Kasus] Membuat Artikel SEO Unik Untuk Pemula

bicara soal membuat artikel yang SEO dan juga Unik kali ini saya ingin membagikan sedikit step by step yang saya lakukan dalam membuat sebuah artikel yang berkualitas





Berkualitas disini dimaksudkan bahwa artikel yang kita buat yaitu seo friendly dan juga human friendly, selain itu juga harus unik agar tidak dicap plagiator



karena memang menulis artikel yang seo dan unik inilah yang akan merajai di SERP maka tak ada salahnya kalian juga belajar tentang ini den

Step Membuat Artikel Seo Unik Untuk Pemula
membuat artikel seo unik

pertama saya akan menjabarkan tentang step yang saya lakukan dalam membuat artikel yang seo dan juga unik agar kalian mengerti yuk simak den 

Step Membuat Artikel Seo Unik Untuk Pemula

step yang saya lakukan memang tak beda jauh dengan kebanyaknan orang, saya mulai dari mengumpulkan ide

Mencari Ide


mencari ide adalah hal yang bisa dikatakan mudah bagi sebagian pemula karena mereka masih banyak artikel yang harus dibuat, jadi cobalah membuat artikel yang dekat sekali dengan kalian

contohnya saja kalian membahas tentang hubungan percintaan maka cobalah untuk menengok pada teman kalian atau pada diri kalian sendiri

apakah ada yang ganjil ?

pasti ada maka cobalah angkat ide tersebut menjadi keyword untuk membuat artikel seo unik bagi pemula seperti kita ini den

ide ini juga dicari disosial media, semuanya ada disana kalian tinggal memilih salah satu untuk dijadikan keyword sangat mudah bukan ?

sekarang karna ide sudah terkumpul maka coba tentukan keywordnya di step berikutnya

Mecari keyword



mencari keyword adalah step kedua yang akan kalian tempuh wahai blogger pemula tunas harapan bangsa hehehe
mencaari keyword ini bisa kalian coba tentukan dari inti masalah ide yang kalian temukan sebelumnya, contohnya saja tentang hubungan percintaan tadi, mungkin saja inti permasalahannya adalah selingkuh, maka kalian coba gali lebih dalam tentang selingkuh

Meriset Keyword yang relevan

coba kalian kunjungi website lsi untuk mencari keyword yang relevan dengan keyword utama kalian, ada banyak keyword yang akan keluar disana kalian tinggal copas semua dan menuju ke Adword untuk menentukan tingkat persaingan

Menentukan Tingkat Persaingan Keyword

disini kalian masih distep dua tentang keyword namun ini merupakan akhir dari step ini, step yang paling menentukan bagaimana artikel kalian akan jadi raja di Serp ataupun jadi pencundang


Ingat baik baik kata kata saya tadi "raja atau pecundang" disini bisa diartikan bahwa jika memang keyword yang kalian ambil minim pesaing maka kemungkinan besar kalian aja menjadi rajanya



namun jika keyword bidikan kalian ini banyak pesaing dan pesaingnya merupakan website besar maka wasalam mahkota yang kalian impikan dalam menulis artikel seo unik



Cara menentukan keyword sebenarnya gampang gampang susah, silahkan pilih yang mana pesainya dikit san banyak yang diminati den



namun selain cek di adword cobalah cek juga langsung di google jika memang benar disana hanyalah artikel yang biasa biasa saja maka kalian akan bisa menggesernya den percaya sama saya


Menulis Artikel Seo


sekarang tibalah saatnya kalian pada step menulis artikel seo, disini saya menyarankan membuat artikel seo terlebih dahulu soal unik kalian bisa coba menggunakan gaya pembawaan artikel kalian

menulis artikel yang seo itu membutuhkan banyak sekali lokasi keyword den, mulai dari Judul deskripsi, isi dan masih banyak lagi

mungkin akan saya kupas satu persatu

Menentukan Judul

dalam step ini kalian hanya membutuhkan keyword yang dibumbui dengan kalimat ajakan, kalimat yang mengundang klik den, masih gangerti coba kalian tengok kepada diri kalian, artikel apa yang dibutuhkan pengunjung, maka cobalah untuk membuat judul tersebut

contohnya masalah hubungan percintaan, disini membahas tentang selingkun, dan keyword kalian incar adalah ciri ciri selingkuh maka judul yang tepat menurut saya , "pacar kamu selingkuh, semua ciri cirinya ada disini"

ya kurang lebihnya begitulah kalimat ajakan ada dan keywordpun sudah tertanam disana

Menulis Deskripsi Artikel

dalam langkah ini kalian tinggal mengisikan secara singkat apa yang kalian bahas dalam artikel tersebut dan juga jangan lupa menyisipkan keyword yang kalian inginkan

tips dari saya pribadi usahakan menggunakan deskripsi yang meyakinkan dan seringkali di ucapkan dan dicari google karna kalimat yang sering diucapkan kemungkinan besar akan dituliskan dalam mesin pencari oleh calon pembaca artikel kalian

Membuat Permalink

permalink dalam kontek seo artikel sangat berpengaruh, cobalah menulis permaling yang merupakan keyword kalian, jangan terlalu panjang den, cobalah 3-4 kalimat saja 

karna akan semakin sulit jika di baca google jika menulisnya terlalu banyak apalagi ga kalian atur menjadi tautan khusus yang sesai keinginan kalian

lebih baik mengubahnya dari pada ada kalimat yang terpotong jika tersetting otomatis den, percaya sama saya akan lebih cepat naik pangkat artikel kalian jika menggunakan cara ini

Menulis Artikel

disini menulis artikel juga tidak sembarangan den, ada tata caranya agar mudah dibaca dan juga tak membosankan saat dibaca

mungkin akan lebih enak dijelaskan dengan sebuah poin point kali ya , jadi kemungkinan seperti inilah struktur artikel yang saya selalu buat

  • pendahuluan
  • isi (h1-h4)
  • ajakan untuk like komen dan share
  • penutup
ya begitulah struktur yang saya buat silahkan di contoh karena itu merupakan ilmu wajib yang dipunyai seorang blogger


dalam tahap pendahuluan saya menuliskan permasalahan umum yang ingin saya jelaskan mungkin hanya 3-4 parangraf dengan keyword yang tertanam disana



dalam tahap isi saya menuliskan ulang judul yang saya buat sebelumnya dengan pilihan heading untuk memberitahu robot google bahwa inilah awal artikel saya



setelah itu sub judulnya menggunakan subheading disini sub heading sangat berperan penting karena jika tak dikelompokkan maka akan susah pembaca untuk menentukan bagian bagian pentingnya



jika memang perlu minor heading juga harus digunakan 

kenapa?
karena pembahasan yang saya buat memang mulai dari akar maka banyak sub subnya bahkan memerlukan lebih dari itu


karna kurangnya pilihan maka saya menggunakan bold untuk lebih memudahkan pembaca dalam membaca artikel saya



jika semua sudah terstruktur dengan isi isi yang berbobot maka tingkat selanjutnya adalah melakukan pengecekkan kata kunci yang terdapat pada artikel kalian den


Cek Artikel Seo



disini setelah kalian menulis panjang lebar maka step selanjutnya adalah cek keyword yang kalian bidik sudah benar atau belum

disini saya menggunakan wordcounter360 untuk cek keyword yang saya bidik mencapai tingkat pertama

jika memang keyword kalian sudah peringkat pertama hiraukan penjelasan ini, namun jika keyword kalian peringkat 3-5  bahkan tak terlihat maka kalian butuh perbaikan
perbaikan disini ada 2 cara, kalian hapus kata yang bukan keyword atau kalian tambahkan kata keyword itu terserah kalian

Cek Artikel Unik

selain artikel seo kalian juga membutuhkan artikel yang unik tidak sekedar kopas saja den


saya menggunakan jasa smallseo dalam urusan ini, jika memang artikel saya tidak mengandung kata kata plagiat maka saya melanjutkan step berikutnya 



jika memang ada kalimat kaliamat plagiat maka saya sarankan untuk menggantinya dengan kalimat kalian sendiri



selain untuk membuat artikel kalian semakin unik juga meningkatkan peringkat kalian dalam serp


Submit ke Webmaster

ini adalah tindakan terakhir dalah step yang saya lakukan untuk menerbitkan artikel seo unik jika kalian tidak menggunakan jasa webmaster silahkan membuatnya buat webmaster google bing daan juga yandex pilih salah satu atau semuanya juga boleh

terakhir adalah share artikel kalian kepada yang membutuhkan baik itu lewat sosial media maupun langsung, 

mungkin itu saja penjelasan saya

Membuat Artikel Seo Unik


jadi sampai kapan kalian membuat artikel asal asalan ?
yuk share artikel ini kepada teman teman kalian agar semuanya pada pintar membuat artikel yang seo dan juga unik
silahkan komentar dibawah jika memang ada yang kurang atau malah salah dalam artikel disini, saya menerima kritikan dan juga cacian aden sebagai masukan saya kedepannya

Comments

gunazain said…
Wah mulai lentik nih jarinya .
Muehehheeh..
Unknown said…
Muehehehe makasih bang ini cuma cerita kok
Unknown said…
Bener banget mas. Saya sering pakai tools smallseo buat nyari keyword yang paling SEO. Saya nulis kadang suka belepotan dan kadang enggak ngerti Sendiri. Padahal saya yang nulis.. hahaha
Unknown said…
aku di small seo hanya untuk mencari adakah kata kataku yang tidak unik, kalo masalah keyword aku mengandalkan wordcounter360
Asmirizani said…
Riset kata kunci yang bagi saya paling membingungkan. Saya belum bisa juga meriset kata kunci. Mungkin noleh juga dibahas pada artikel berikutnya. Selain itu saya masih belum mengerti meletakkan kata kunci, apakah di awal, tengah atau akhir. Entah bagian mana yang seo.
Unknown said…
yang saya tau, meletakkan kata kunci itu ada banyak cara gan, mulai dari judul, descripsi, permalink, descripsi post, alt img, judul post subjudul sampai kalimat kalimat post dan terakhir adalah komentar post adalah letak kata kunci yang bagus
Rehan Firdaus said…
wah lengkap sekali nih hehe, enak dibaca, intonasinya juga pas, BTW makasih mas info SEO nya
Unknown said…
Iya semoga membantu, mungkin nanti akan ada artikel pendukung untuk menunjang para pembaca untuk mengopimalkan seo onpage ini
uzze said…
Paling penting banget itu riset kata kunci (keyword) karena kata kunci merupakan perwakilan dari artikel secara menyeluruh, supaya artikel Lebih Seo maka penempatan kata kunci haruslah tepat sehingga artikel akan sangat mudah ditemukan di mesin telusur. Selain seo friendly juga harus human friendly karena artikel dibuat untuk dibaca manusia sepenunya bukan dibuat oleh robot.Seiring dengan perkembangan alogaritma google yang terus berganti maka kita pun sebagai conten creator harus memahami situasi seperti ini dan membuat konten yang sesuai dengan ketentuan alogaritma tersebut.
Unknown said…
ya jika salah riset kunci maka rusaklah semua kerja keras yang telah dilakukan dalam membuat artikel seo, betul kata mas, ga selamanya peeraturan google atau algoritma google itu tetap maka penulis juga harus memperhatikan sisi human friendly juga makasih mas masukannya